Jalan Dalem Kaum Bandung

Jalan Dalem Kaum Bandung

Jalan Dalem Kaum Bandung. Nama Dalem Kaum berasal dari nama Bupati kabupaten Bandung ke 6. Ia menjadi bupati sejak tahun 1794 hingga tahun 1829. dengan gelar Raden Adipati Wiranatakusumah II. Karena kepemimpinan dan kinerjanya cukup baik dimata masyarakat pada masa itu, sehingga beliau disebut sebagai pendiri Kota. Jenazah beliau dimakamkan di daerah Kauman, yaitu daerah sekitar Masjid Agung Bandung yang penduduknya mayoritas beragama Islam.

Sejak tahun 1980-1990-an Jalan Dalem Kaum Bandung menjadi pusat bisnis dan tempat belanja bagi warga kota Bandung. Pada saat itu kawasan ini merupakan kawasan yang indah untuk menikmati alun-alun kota Bandung dengan berjalan kaki. Mulai dari Masjid Agung (Masjid Raya Bandung) hingga ke Jalan Oto Iskandardinata tidak seperti sekarang yang penuh dengan polusi dan pedagang kaki lima yang semrawut menghabiskan trotoar untuk para pejalan kaki.

Bulan April 2015, sebelum konfrensi Asia Afrika tanggal 24 April 2015, Jalan Dalem Kaum Bandung telah berubah. Jalan itu sudah tidak dilapisi aspal seperti jalan pada umumnya. Jalan Dalem Kaum kini menjadi daerah pedestrian yang indah dengan lapisan paving blok bercorak dan dilengkapi dengan kursi panjang untuk 2 orang setiap beberapa meter serta lampu taman yang bergaya eropa. Di jalan ini sekarang  tidak terlihat  lagi PKL yang menjajakan dagangannya. Mobil dan  motor tidak boleh melewati jalan ini lagi. Saat ini para pejalan kaki leluasa berjalan di jalur pedestrian.

Your Thoughts